Langsung ke konten utama

Tugas 7: UTS (Project based Learning)



Deskripsi Ujian:

Ujian Tengah Semester yang diberikan pada mata kuliah Kepenulisan Nonfiksi adalah berupa penugasan berbasis proyek (Project based-Assesment), dimana ada tiga jenis tugas yang diberikan secara berangsur dan ketiganya wajib terkumpul pada hari ujian tiba (25 Oktober 2021). Tugas yang dimaksud berupa penulisan tiga jenis artikel.


Sifat Ujian:

Open book (memanfaatkan segala jenis fasilitas untuk mencari referensi yang tersedia, baik dari buku maupun dari internet)


Tujuan:

  1. Untuk memberikan pelatihan yang terus menerus kepada mahasiswa dalam menulis
  2. Untuk menstimulasi motivasi dan keinginan menulis
  3. Untuk memberikan kepercayaan diri dalam menghasilkan tulisan yang berbobot
  4. Untuk melatih mahasiswa memanfaatkan dan megolah referensi yang tersedia
  5. Untuk memberikan keterampilan bagaimana menggunakan ejaan yang disempurnakan dan penggunaan tanda baca yang tepat
  6. Dll.

Instruksi/ petunjuk soal:

  1. Tulislah artikel masing-masing dengan tema/ judul yang berhubungan dengan jenis-jenis tulisan nonfiksi di bawah ini!

a.       Buku Psikologi

b.      Buku kumpulan karya ilmiah

c.       Ensiklopedia, alamak, kamus

d.      Buku petunjuk

e.       Buku kesehatan, buku olahraga, buku bidang lainnya

f.        Buku literature

g.      Buku harian

h.      Buku ajar

i.        Buku motivasi dan pengembangan diri

j.        Buku laporan jurnalisme

  1. Tulislah artikel masing-masing dengan menggunakan tema/ judul di bawah ini!

a.       Pentingnya menulis outline sebelum menulis draft

b.      Fungsi referensi pada kepenulisan nonfiksi

c.       Menetapkan target waktu penulisan buku. Pentingkah?

d.      Tips jitu menuangkan ide pikiran ke dalam darft naskah

e.       Bagaimana menjaga tulisan agar tetap pada jalurnya? (keep on the track)

f.        Mengapa untuk menjadi seorang penulis buku diperlukan latihan yang terus menerus?

g.      Pentingnya self-review naskah sebelum ke penerbit

h.      Mengapa self-ediiting sangat diperlukan sebelum meluncur ke penerbit?

i.        Jenis-jenis penerbitan buku dan tips memilih penerbit yang sesuai dengan naskah kita

  1. Tulislah artikel mengenai apa yang kalian lihat dan temukan di sekitar kalian. Gunakan daya nalar sebaik-baiknya untuk menghubungkan satu paragraf dengan paragraf lainnya.

 

Template Tugas UTS:

  1. Kertas ukuran A5
  2. Font Times New Roman dengan size 12
  3. Spasi 1,5
  4. Margin 1,5 kanan, kiri, atas, bawah
  5. Rata kiri kanan
  6. Warna font hitam (bukan abu-abu)
  7. Copy paste harus diparafrase (edit tidak boleh menyeruopi persis paragraf)
  8. Menautkan referensi terkait
  9. Jumlah halaman min 4 halaman
  10. Beri gambar sesuai yang mewakili isi buku dengan ukuran 7x11 cm dan jangan lupa menautkan referensi sumber gambar

 

Rubrik Penilaian:

No

Item Penilaian

Bobot (%)

1

Teknik penulisan (kesesuaian dengan template/ kerapian)

25

2

Bobot konten/ isi

25

3

Teknik pengolahan referensi (teknik copy editting parafrase)

20

4

Kesesuaian penggunaan gambar yang mewakili

10

5

Kuantitas tulisan (jumlah halaman/ banyaknya tulisan)

20

Total

100

 

Good Luck 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Task 16: Final Examination

    KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF PROGRAM STUDI DILUAR KAMPUS UTAMA MAKASSAR PROGRAM STUDI PERIKLANAN UJIAN AKHIR SEMESTER (U A S) GENAP Mata Kuliah English for Specific Purpose Advertising Hari/Tanggal          Rabu/ 25 Mei 2022 Dosen Dr. Widya Rizky Pratiwi, S.Pd., MM W a k t u 11.55 Bobot kredit 2 sks Kelas/ Semester IR21A/ Dua Sifat Ujian Penugasan berbasis proyek Tahun Akademik 2021/ 2022   Deskripsi Ujian: Ujian Akhir Semester yang diberikan pada mata kuliah English Specific Purpose for Advertising terdiri dari dua sesi yaitu sesi pert...

Administrator

Selain dikelola oleh author, website ini juga dikelolah oleh beberapa tim administrator, diantaranya:

Task 13 & 14: Group work of chapter 4

  https://www.facultyfocus.com/ After getting to know marketing tools and reading the text in chapter 4, students are required to understand more deeply the reading contents and master marketing tools to provide capital when they involve themselves in business and marketing tools. Therefore, at the 13th meeting, students were divided into three groups to complete assignments based on their groups. Below is the group members' name and the tasks: Group 1: Nurmila, Khadafi Task: 10 questions of reading text (with answers) Group 2: Rahmatullah, Muh Aldi, Nurmaulana Task: 20 vocabularies of reading text (with pronunciation and definitions) Group 3: Fatwah Cholis, Jumarni Task: 20 marketing tools (with explanations) Then, after finishing all the assignments,  at the 14th meeting,  the students are asked to practice directly what they have done in the previous meeting. Here, the students should read and pronounce the tasks.