Langsung ke konten utama

Menulis Fiksi atau Nonfiksi???

 

https://finaira.id

Menulis adalah sebuah kegiatan produktif yang dapat memberikan manfaat baik bagi si penulis maupun orang yang membaca tulisan kita. Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai kaum milenial zaman now selain kemampuan Bahasa asing dan keahlian mengoperasikan komputer. Sebab melalui sebuah tulisan, sebuah karya dan ide akan tersimpan abadi sepanang hayat.


Banyak para ahli yang mengekspresikan pendapatnya mengenai keterampilan menulis, diantaranya adalah:


Henry Guntur Tarigan (2008) mengungkapkan bahwa keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang produktif dan ekspresif yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung dan tidak secara tatap muka dengan orang lain.


Saleh Abbas (2006), keterampilan menulis merupakan kemampuan mengungkapkan gagasan, pendapat, serta perasaan kepada orang lain dengan melalui bahasa tulis, yang mana ketepatan pengungkapan gagasan harus didukung dengan ketepatan bahasa yang digunakan, kosakata, dan gramatikal serta penggunaan ejaan.


The Liang Gie (2002) menyatakan bahwa keterampilan menulis adalah sebuah keterampilan dalam pembuatan huruf, nama, angka, dan tanda bahasa apapun dengan suatu alat tulis pada suatu halaman tertentu.


Burhan Nurgiyantoro (2001) berpendapat jika keterampilan menulis adalah sebuah aktivitas mengungkapkan gagasan melalui media bahasadisertai dengan keterampilan mengelola kosakata, tata tulisan, dan struktur bahasa yang baik.


Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi (1999), menulis merupakan suatu keterampilan menuangkan pikiran, gagasan, pendapat mengenai sesuatu, tanggapan terhadap sebuah pernyataan keinginan, atau pengungkapan perasaan dengan menggunakan bahasa tulis.


Lima pendapat di atas telah cukup memberikan penjelasan yang terperinci yang dapat ditarik kesimpulan yaitu, sebuah tindakan melahirkan pikiran atau perasaan dan menuangkannya ke dalam bentuk tulisan dengan seni merangkai kata sehingga terstuktur dan bermakna. Dahulu kala, kegiatan menulis dilakukan hanya dengan menggunakan pena. Namun saat ini, menulis lebih banyak dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer.

 

Karya tulis terdiri dari banyak ragam berdasarkan sudut pandangnya masing-masing. Menurut (Romli, 2008), berdasarkan bentuk dan isinya, karya tulis dibagi menjadi dua yakni fiksi dan nonfiksi. Mengutip dari versi KKBI, fiksi merupakan cerita rekaan ataupun khayalan dan tidak nyata, misalkan roman, novel, dan sebagainya. Sehingga menuntut daya imajinasi yang tinggi untuk menghasilkan karya tulis berupa fiksi ini. Sedangkan karya tulis nonfiksi adalah kebalikan dari fiksi yang mana karya ini ditulis berdasarkan data dan fakta. Kategori tulisan non-fiksi meliputi, opini, esai, karya tulis ilmiah, berita, resensi, dan lain sebagainya yang biasanya dilengkapi dengan sumber data atau referensi. 


Mengetahui perbedaan fiksi dan nonfiksi ini sangat penting bagi penulis pemula agar mereka dapat mengenali passion dan karakternya terlebih dahulu sebelum terjun dalam kepenulisan.

 

Seseorang dapat saja menjadi mahir dalam dua jenis karya tulis ini, namun alangkah baiknya jika seorng penulis yang ingin betul-betul menjadi penulis profesional untuk fokus pada arakter dan gendre masing-masing agar dapat semakin fokus mengasah keterampilan sesuai bakatnya. Nah, kalian ada dimana? Apakah ingin menjadi penulis fiksi ataupun nonfiksi?


Silahkan leave coment dan pertanyaan di kolom komentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Task 16: Final Examination

    KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF PROGRAM STUDI DILUAR KAMPUS UTAMA MAKASSAR PROGRAM STUDI PERIKLANAN UJIAN AKHIR SEMESTER (U A S) GENAP Mata Kuliah English for Specific Purpose Advertising Hari/Tanggal          Rabu/ 25 Mei 2022 Dosen Dr. Widya Rizky Pratiwi, S.Pd., MM W a k t u 11.55 Bobot kredit 2 sks Kelas/ Semester IR21A/ Dua Sifat Ujian Penugasan berbasis proyek Tahun Akademik 2021/ 2022   Deskripsi Ujian: Ujian Akhir Semester yang diberikan pada mata kuliah English Specific Purpose for Advertising terdiri dari dua sesi yaitu sesi pert...

Administrator

Selain dikelola oleh author, website ini juga dikelolah oleh beberapa tim administrator, diantaranya:

Task 13 & 14: Group work of chapter 4

  https://www.facultyfocus.com/ After getting to know marketing tools and reading the text in chapter 4, students are required to understand more deeply the reading contents and master marketing tools to provide capital when they involve themselves in business and marketing tools. Therefore, at the 13th meeting, students were divided into three groups to complete assignments based on their groups. Below is the group members' name and the tasks: Group 1: Nurmila, Khadafi Task: 10 questions of reading text (with answers) Group 2: Rahmatullah, Muh Aldi, Nurmaulana Task: 20 vocabularies of reading text (with pronunciation and definitions) Group 3: Fatwah Cholis, Jumarni Task: 20 marketing tools (with explanations) Then, after finishing all the assignments,  at the 14th meeting,  the students are asked to practice directly what they have done in the previous meeting. Here, the students should read and pronounce the tasks.