Langsung ke konten utama

Jejak Sang Pemimpi: Cerita dari Kampung Inggris Pare

 

Cover Buku Jejak Sang Pemimpi: Cerita dari Kampung Inggris Pare

Kurangnya referensi yang menyorot keunikan belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare menjadi landasan yang kuat bagi penulis untuk menyatukan kepingan informasi dan pengalaman menjadi untaian kata-kata yang tertuang dalam sebuah buku yang berjudul “Jejak Sang pemimpi: Cerita dari Kampung Inggris Pare”.

 

Kampung Inggris Pare merupakan sebuah program immersi atau pencelupan bahasa Inggris dimana siswa yang belajar merupakan pelajar yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia. Mereka menetap selama berminggu-minggu bahkan bertahun-tahun sehingga turut merasakan secara langsung pola kehidupan dan membenamkan diri dengan lingkungan di Pare. Dalam interaksi dengan penduduk lokal maupun sesama pelajar inilah mereka berusaha berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

 

Untuk mengantar pembaca memahami alasan mengapa harus ke Kampung Inggris Pare, penulis mengawali pembahasan mengenai urgensi bahasa Inggris di era globalisasi dan kendala yang sering terjadi di sekolah. Buku ini sengaja dibuat berurutan agar para pembaca yang budiman memperoleh kepuasan ketika tiba di bagian akhir buku ini.

 

Penulis kemudian mengungkap kemungkinan mitos yang sering beredar tentang Pare yang harus diketahui oleh calon siswa sebelum benar-benar memantapkan hati untuk belajar di Kampung Inggris Pare. Setelah yakin, penulis mengulas beberapa amunisi yang harus dipersiapkan secara matang sebelum berangkat ke Kampung Inggris Pare seperti menetapkan tujuan dan motivasi, memahami proses pendaftaran, mengkalkulasi anggaran, serta mempelajari road map.

 

Di bab ke 4 dan 5 buku ini adalah bagian yang sangat penting karena penulis mengajak pembaca untuk menjelajahi segala keunikan dan keistimewaan mengapa Kampung Inggris Pare dikatakan berbeda dari yang lain.

 

Dan di bagian ke 6 merupakan lembaran spesial sebagai klimaks dari cerita buku ini. Mengapa spesial? Karena membaca bagian ini dijamin akan membangkitkan semangat kita untuk terus menggali potensi diri menjadi manusia yang lebih berguna. Bagian ini berisi pengakuan para alumni Pare yang telah sukses meraih mimpinya setelah belajar di Pare. Dengan kecakapan bahasa Inggris yang dimiliki, mereka ada yang telah menginjakkan kaki di benua Eropa, Amerika, dan Australia melalui program beasiswa belajar maupun bekerja di perusahaan asing. Mereka bukan hanya sekedar menjadi motivator namun juga inspirator yang telah berhasil menebar manfaat dengan mendirikan lembaga maupun perkampungan Bahasa Inggris yang merupakan cikal bakal Kampung Inggris Pare ke depannya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Task 16: Final Examination

    KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF PROGRAM STUDI DILUAR KAMPUS UTAMA MAKASSAR PROGRAM STUDI PERIKLANAN UJIAN AKHIR SEMESTER (U A S) GENAP Mata Kuliah English for Specific Purpose Advertising Hari/Tanggal          Rabu/ 25 Mei 2022 Dosen Dr. Widya Rizky Pratiwi, S.Pd., MM W a k t u 11.55 Bobot kredit 2 sks Kelas/ Semester IR21A/ Dua Sifat Ujian Penugasan berbasis proyek Tahun Akademik 2021/ 2022   Deskripsi Ujian: Ujian Akhir Semester yang diberikan pada mata kuliah English Specific Purpose for Advertising terdiri dari dua sesi yaitu sesi pert...

Administrator

Selain dikelola oleh author, website ini juga dikelolah oleh beberapa tim administrator, diantaranya:

Task 13 & 14: Group work of chapter 4

  https://www.facultyfocus.com/ After getting to know marketing tools and reading the text in chapter 4, students are required to understand more deeply the reading contents and master marketing tools to provide capital when they involve themselves in business and marketing tools. Therefore, at the 13th meeting, students were divided into three groups to complete assignments based on their groups. Below is the group members' name and the tasks: Group 1: Nurmila, Khadafi Task: 10 questions of reading text (with answers) Group 2: Rahmatullah, Muh Aldi, Nurmaulana Task: 20 vocabularies of reading text (with pronunciation and definitions) Group 3: Fatwah Cholis, Jumarni Task: 20 marketing tools (with explanations) Then, after finishing all the assignments,  at the 14th meeting,  the students are asked to practice directly what they have done in the previous meeting. Here, the students should read and pronounce the tasks.